Cara Menghilangkan Background Menggunakan OBS Saat Streaming

by Betara

Ketika Streamer melakukan recording atau bahkan melakukan live streaming  biasanya akan menyisipkan video webcam atau face camera dengan background transparan atau warna sesukanya,  cara untuk menghilangkan green screen pada gambar atau video di obs studio sangatlah mudah. Pada artikel ini akan dijelaskan persiapan alat dan Cara Menghilangkan Background Menggunakan OBS Saat Streaming.

 

 

Alat dan Persiapan:

Siapkan Latar atau Wallpaper Hijau

Latar belakang ini adalah komponen yang sangat menentukan untuk membuat backroun video transparant, karena dengan latar belakang Hijau membuat  mudah ketika mengedit video di obs nantinya.

 

Siapkan Lampu Pencahayaan yang cukup

Pencahayaan tidak kalah penting dalam latar belakang transparant jika pencahayaan masih gelap, jika pencahayaannya kurang maka hasilnya akan berbintik bahkan tidak berfungsi dengan baik latar nantinya.

 

Webcam atau kamera.

jika menggunakan laptop pastikan webcam berfungsi dengan baik dengan hasil yang cukup terang,  jika kurang baik hasilnya maka kita bisa menggunakan webcam ekternal.

 

Sudah diinstal OBS pada laptop atau komputer

Poin terakhir ini adalah OBS yang harus diinstal sehingga kita dapat membuat pengaturan latar belakang yang transparan. OBS (Open Broadcast Software) Ini gratis sehingga tidak perlu membeli, dapat mengunduhnya di situs resminya link berikut :  https://obsproject.com/download

 

Menghilangkan Background Menggunakan OBS Saat Streaming

Setting Background Menggunakan OBS Melakukan pengaturan pada Software OBS Studio setelah alat dan persiapan sudah memenuhi kita melakukan pengaturan pada OBS Studio.

 

 

Menambahkan Scene Video Capture.

Buka aplikasi OBS  setelah membuka video perangkat pengambilan di mana ia digunakan untuk menambahkan kamera, lihat gambar di bawah ini.

 

 

Masukkan deskripsi kamera

Setelah mengklik Video Capture Device akan ada tampilan jendela di mana diharuskan Anda untuk memasukkan nama deskripsi webcam lalu klik OK.

 

 

Pilih jenis kamera

Pada tahap ini bertujuan untuk memilih jenis kamera yang terpasang pada komputer atau laptop, jika menggunakan kamera laptop default biasanya hanya 1 jenis kamera jika teman menggunakan kamera eksternal namun belum muncul maka perlu memastikan driver camera atau instalasinya berjalan dengan sukses.

 

 

Buat filter di kamera

Nama fungsi dalam OBS adalah filter untuk memulai pengaturan latar belakang Transparan, lihat gambar di bawah ini.

 

 

Filter kunci cromass atau ‘Chroma Keys’.

Setelah filter, akan ada jendela baru, lalu tambahkan filter efek dan pilih tombol Chroma Keys lalu masukkan deskripsi.

 

 

Warna Background atau pemilihan warna

Pemilihan warna apa yang merupakan Backgroun di video kita, langkah ini harus 1warna karena, jika tidak dapat menghapus backroun latar belakang, biasanya banyak streamer menggunakan warna hijau karena pada awal juga kita persiapkan walpaper atau latar warna hijau, dan warna hijau juga telah banyak diuji untuk Latar Belakang.

 

Baca Juga : Aplikasi Edit Video Tanpa harus beli Serial Number tanpa Watermark Kualitas Bagus

Demikianlah beberapa langkah singkat  Menghilangkan Background Menggunakan OBS, semoga artikel ini membantu.

Mungkin Yang Kamu Cari

Tinggalkan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.