Aplikasi Network Monitoring Terbaik untuk Perusahaan Gratis dan Berbayar

by Betara

Dari banyaknya faktor gangguan pada internet ternyata penggunaan bandwidth yang tidak dipantau dapat menjadi salah satu penyebab kurang maksimalnya kinerja di jaringan internet. Tidak mengawasi penggunaan bandwidth, dengan memonitor traffic penggunaan internet kita dapat mendapatkan solusi untuk pencegahan hal yang tidak diinginkan seperti penggunaan bandwith berlebih dan sejenisnya, hal tersebut biasanya ditangani oleh Administrator jaringan atau sering dikenal network administrator dan NOC yang biasanya harus memahami hal ini, di mana kita harus mengetahui penggunaan bandwidth pada jaringan sehingga jaringan tetap stabil dan cepat dalam menganalisa problemnya dengan Aplikasi Network Monitoring Terbaik untuk Perusahaan Gratis dan Berbayar maka masalah akan segera teratasi.

Aplikasi Network Monitoring Terbaik untuk Perusahaan Gratis dan Berbayar

Untuk pemantauan bandwidth jaringan sangat penting untuk memeriksa bandwidth pertama secara umum. Bandwidth mengacu pada kapasitas jaringan untuk mentransfer data antar perangkat atau Internet ke periode tertentu. Bandwidth yang lebih tinggi memungkinkan kita untuk mentransfer data dengan kecepatan lebih cepat dan untuk lebih banyak perangkat yang terhubung pada suatu waktu. Kita dapat mengaitkan jaringan sebagai jalan raya dan bandwidth sebagai jalan. Semakin banyak garis di jalan raya, lalu lintas yang lebih mudah dapat bergerak. Hal yang sama berlaku untuk jaringan. Jika terlalu tinggi traffic jaringan termonitor karena jenis kegiatan pada jaringan kualitas jaringan kita akan berkurang.

 

Berikut adalah Aplikasi Monitor Bandwidth Jaringan Network Terbaik Untuk Perusahaan Gratis dan Berbayar:

 

Netmonk Prime

 

Pertama adalah Netmonk Prime yang merupakan produk unggulan dari Netmonk, sebuah start-up teknologi karya anak bangsa yang menyediakan solusi monitoring di Indonesia yang telah didirikan sejak tahun 2017. Saat ini sudah banyak perusahaan dan instansi pemerintahan di Indonesia yang telah mempercayakan kebutuhan monitoringnya kepada Netmonk Prime. Netmonk Prime memiliki 3 modul yaitu Network Monitoring, Web/API Monitoring, dan Server Monitoring. Jadi hanya dengan 1 aplikasi ini saja, Anda bisa mendapatkan solusi monitoring untuk 3 macam kebutuhan dan Anda dapat memonitoring kondisi jaringan, web/API, dan server secara proactive dan preventive maintenance. Selain itu, pengguna dapat mengkustomisasi sesuai kebutuhan perusahaan. Untuk mencoba aplikasi ini secara gratis dapat cek langsung ke official web nya netmonk https://netmonk.id/free-trial.

 

PRTG Network Monitor

Aplikasi PRTG ini diterbitkan oleh Paessler merupakan alat yang lengkap dan sederhana untuk memonitor semua infrastruktur jaringan dan server disebuah perusahaan. Biasanya perusahaan menengah keatas menggunakan aplikasi ini untuk memonitor  traffic dan kondisi perangkat. Perangkat lunak pemantauan bandwidth ini memungkinkan kita untuk mengukur semua lalu lintas / lalu lintas di jaringan lokal kita saat memantau data langsung kondisi jaringan dan server di ruangan khusus yang dikelolah oleh seorang Network Operation Center (NOC) atau sering dikenal network administrator. PRTG ini sangat a membantu menentukan jumlah bandwidth yang kita gunakan perangkat dan aplikasi dan monitor jika ada over traffic dengan alert, sehingga hal itu menunjukkan dengan cepat dan akurat di mana kemacetan lalu lintas. Bergantung pada jaringan dan perangkat keras kita dapat menggunakan protokol yang berbeda, seperti SNMP, sniffing, flow. Aplikasi PRTG juga menyediakan versi gratis untuk memantau hingga 100 sensor pada perangkat  bisnis disebuah perusahaan. untuk mencobanya dapat mengunjungi official web https://www.paessler.com

 

Cacti

Cacti adalah alat grafik yang open source yang dapat mengelola pengumpulan data pada jaringan, Cacti ini menggunakan RRTool, sistem perekaman data dan grafik, sehingga kita dapat mengumpulkan data dari hampir semua elemen infrastruktur, termasuk pemuatan server, router, sistem switching, firewall, dan masih banyak lagi, dengan dasboard pada format grafis yang bermacam.

Cacti juga kompatibel dengan polling SNMP yang mencakup beberapa perangkat jaringan. Fungsi ini memungkinkan kita untuk memantau penggunaan bandwidth dengan membuat grafik dalam antarmuka. Grafik garis sederhana tetapi diproduksi oleh kaktus dapat menunjukkan gelombang dan penurunan lalu lintas, tetapi grafik itu tidak menawarkan analisis komprehensif kinerja grafik sepenuhnya, kecuali grafik yang ditampilkan dalam opsi pembayaran, maka semuanya tercantum di sini. Aplikasi ini dapat diinstal pada Unix atau Windows OS. Untuk mencoba aplikasi tersebut dapat mengunjungi official web cacti https://www.cacti.net/

 

NetFlow Traffic Analyzer

Dengan NetFlow Traffic Analyzer seorang network administrator mendapatkan banyak pemantauan bandwidth seperti analisis jaringan, dan notifikasi peringatan monitoring jaringan nirkabel dalam aplikasi ini.Di luar fitur-fitur ini, jika kita menggunakan aplikasi berbasis cloud, seperti sistem VoIP atau e-commerce, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memverifikasi traffic bergerak di lapangan dan dapat memprioritaskan penggunaan bandwidth diaplikasi ini. Platform ini menunjukkan korelasi visual bahwa menurut saya mudah dimengerti dan juga lengkap dengan analisis kinerja jaringan. kita dapat menavigasi melalui elemen jaringan apa pun dan menganalisis pola lalu lintas selama berbulan-bulan, hari atau menit. Dengan Netflow Traffic Analyzer, kita dapat dengan cepat mengidentifikasi penggunaan bandwidth berdasarkan aplikasi, protokol dan grup alamat IP untuk mengidentifikasi di mana bandwidth digunakan.

 

Wireshark

Aplikasi ini, selain dapat mengontrol penggunaan bandwidth, juga dapat memonitor semua aspek jaringan, seperti protokol, alamat sumber, tujuan, paket dan lain sebagainya. Dengan fitur-fitur seperti itu, Wireshark adalah aplikasi pemantauan yang lebih kompleks. Selain itu, aplikasi ini dapat digunakan untuk  merekam data yang akani masukkan ke  situs web seperti facebook.

 

NetFlow Analyzer

NetFlow Analyzer ini menggunakan leverage flow teknologi, termasuk netflow, sflow, ipfix, netstrow, J-Flow dan AppFlow, untuk memberikan visibilitas real-time dalam kinerja bandwidth jaringan. Setelah memiliki akses ke Analytics, kita dapat mengklasifikasikan aplikasi yang memonopoli bandwidth jaringan kita dan bahkan mengkonfigurasi ulang kebijakan kita melalui level aplikasi tingkat aplikasi (kualitas layanan), membantu kita memulihkan kontrol aplikasi yang memerlukan bandwidth. NetFlow Analyzer ini dapat mendeteksi ancaman eksternal dan internal, melacak anomali jaringan sehingga dapat bertindak ketika sesuatu tidak biasa terjadi pada jaringan kita.

Baca Juga: Cara Mengecek Kecepatan Internet Secara Real

Terlepas dari ukuran aplikasi atau biaya, semua orang harus menerapkan Aplikasi Monitor Bandwidth Jaringan. Dengan Pemantauan Bandwidth akan membantu kita meningkatkan kinerja jaringan dan mengidentifikasi persyaratan bandwidth, berpotensi menghemat uang dibanding kita mengupgrade layanan dan menambahkan lapisan keamanan tambahan ke aktivitas harian kita. Dengan alat yang tepat, kita akan dapat dengan cepat mengidentifikasi masalah kinerja pada jaringan dan bahkan dapat menanganinya secara langsung. Selain yang disebutkan pada artikel ini masih banyak Aplikasi Monitor Bandwidth Jaringan yang menawarkan fitur yang sama istimewanya. Semoga bermanfaat

 

Mungkin Yang Kamu Cari

Tinggalkan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.