CentOS atau Ubuntu Pilihan Untuk Server Web

by Betara

Web server adalah sebuah software (perangkat lunak) yang memberikan layanan berupa data. Berfungsi untuk menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien atau kita kenal dengan web browser (Chrome, Firefox). Selanjutnya ia akan mengirimkan respon atas permintaan tersebut kepada client dalam bentuk halaman web, dengan CentOS atau Ubuntu Pilihan Untuk Server Web maka akan kita bahas pada artikel ini.

CentOS atau Ubuntu Pilihan Untuk Server Web

CentOS atau Ubuntu Pilihan Untuk Server Web

Memilih OS untuk server juga membingungkan kita seiring berkembangnya distro os yang tersedia seperti distro Linux. Antara Ubuntu dan CentOS ini merupakan dua distro Linux yang paling populer digunakan untuke kedua os sendiri hampir sama banyak digunakan keduanya.

CentOS

CentOS adalah sistem operasi open-source  berkelas enterprise yang dirilis pada tahun 2004 dan sudah banyak pengguna yang memanfaatkannya. Hampir sama seperti RHEL, CentOS ini memberikan kamu kemudahan dan kebebasan menggunakan platform komputasi. CentOS yang merupakan replika RedHat Enterprise Linux atau RHEL yang paling banyak digunakan oleh perusahaan IT. CentOS banyak yang beranggapan mudah dimodifikasi, aman, dan stabil. Karena masih berada di bawah satu payung dengan RHEL, CentOS memiliki tingkat keamanan yang secara terus menerus diperbarui.

CentOS didasarkan pada arsitektur Red Hat Enterprise Linux, sedangkan Ubuntu didasarkan pada Debian. Kedua versi menggunakan manajer paket untuk menyelesaikan dependensi, melakukan instalasi, dan melacak pembaruan.

CentOs dan Ubuntu memiliki sistem manajemen perangkat software yang berbeda. CentOs berasal dari Red Hat dan Ubuntu berasal dari Debian. Untuk CentOs sistem manajemen RHEL mereka adalah RPM (Redhat Package Manager). RPM hanya bisa digunakan dengan mengunduh dan menginstall paket RPM melalui yum (Yellowdog Update Manager) dari repositori pusat.

Ubuntu Server

Ubuntu bersifat open-source dan secara terus menerus diperbarui dalam menangani bug yang ditemukan. Ubuntu memiliki paket dan fitur yang lengkap yang dapat dimanfaatkan untuk bermacam proyek. Ubuntu juga memiliki berbagai aplikasi dan software yang bisa kita gunakan, di sisi lain mudah dimodifikasi dan fitur keamanannya sangat terjamin dan berkualitas. Sejak  dirilis pada tahun 2004 lalu dengan arsitektur Debian, Ubuntu sering digunakan untuk penggunaan orang pribadi maupun yang sudah ahli dalam bidangnya.

Secara keseluruhan, baik CentOS dan Ubuntu adalah distribusi Linux yang baik. Mereka masing-masing memiliki kekuatan dan kelemahan mereka sendiri, tetapi itu tergantung pada apa tujuan kamu, apa yang kamu butuhkan, dan preferensi pribadi kamu sendiri ketika memutuskan distro Linux mana yang akan digunakan.

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa Perbedaan yang paling mencolok Ubuntu berbasis arsitektur Debian, sedangkan CentOS berbasis Red Hat Enterprise Linux, perbedaan lainnya dapat kita lihat pada tabel perbandingan dibawah.

Tabel Perbandingan

Ubuntu

CentOS

Berbasis Debian

Berbasis RHEL

Sering diupdate

Jarang diupdate

Tidak mendukung cPanel (tersedia banyak alternatif lain untuk cPanel)

Mendukung cPanel/WHM

Lebih banyak pengguna dan komunitas developer

Lebih sedikit pengguna dan komunitas developer

Bantuan lebih banyak, msalnya tutorial dan panduan gratis

tidak banyak bantuan yang disediakan

Lebih mudah dipahami oleh pemula yang sebelumnya sudah pernah menggunakan Ubuntu desktop

Sulit dipahami oleh pemula karena distro  desktop yang dikeluarkan oleh RHEL tidak begitu banyak

Paket .deb diinstall menggunakan paket manager apt-get

Paket .rpm diinstall menggunakan paket manager yum

Pendapat, Saran dan pengalaman pengguna dari berbagai sumber dan komunitas:

  • Dari segi komunitas  Ubuntu lebih besar dibandingkan dengan CentOS, sehingga tidak heran jika kamu pengguna CentOS lebih sulit mencari tutorialnya diinternet.
  • Perintah yang digunakan lebih mudah dipahami di Ubuntu Server serta lebih banyak referensi yang bisa didapatkan di internet terkait perintah dan konfigurasi pada Ubuntu.
  • Untuk Container serta cloud deploymentnya dapat dilakukan di server Ubuntu.
  • Hardware dan bandwidth yang digunakan dari segi kecepatanya tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua sistem operasi ini.
  • Jika Server Web digunakan sebagai lahan bisnis, maka disarankan untuk memilih CentOS karena menurut beberapa penyedia hosting bawhwa CentOS lebih unggul dalam keamanan paket dan mendukung penggunaan WHM sebagai perangkat lunak untuk mengelola akun cPanel.

Jadi dari CentOS atau Ubuntu sebagai os kamu untuk server saya selaku penulis belum dapat menentukan mana yang terbaik diantara kedua, Namun yang paling utama kedua os tersebut sama-sama bagus dan selalu update mengenai kaamanan, mengingat tidak ada sistem yang aman maka kita sendirilah dalam mengatur bagaimana menjaga server kita agar terhindar dari hal yang tidak kita inginkan.  Web server memiliki peran penting dalam mengendalikan proses kerja dari sebuah website. Tanpa adanya web server, kamu tidak bisa melakukan permintaan data apapun pada suatu halaman atau page browser.

Mungkin Yang Kamu Cari

Tinggalkan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.