Aplikasi Screenshot untuk PC atau Laptop di Windows yang Mudah di Gunakan

by Betara

Saat ini untuk Screenshot atau tangkapan layar merupakan hal yang sangat penting untuk mendokumentasi suatu pekerjaan sert hal yang populer banyak orang di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Penggunaan tangkapan layar telah lebih terbatas pada penangkapan dan mendistribusikan pesan kesalahan yang ditampilkan layar laptop. Meskipun lebih sering atau sangat familiar digunakan oleh pengguna smartphone (sesuai dengan pengamatan penulis), pengguna laptop juga sering menggunakan tangkapan layar untuk mengambil informasi tertentu untuk lampiran dokumentasi pada pada dokumen laporan mereka.

Jika memerlukan aplikasi screenshot khusus jika kamu menginginkan hasil yang lebih maksimal kamu dapat menggunakan aplikasi screenshot default atau pihak ketiga. Berikut adalah beberapa rekomendasi untuk aplikasi screenshot mudah digunakan simpel dan fitur yang dapat diandalkan.

 

Berikut Aplikasi Screenshot untuk PC atau Laptop di Windows 10 yang Mudah di Gunakan:

 

Greenshot

Greenshot adalah program open source untuk Microsoft Windows. Greenshot juga tersedia untuk MacOS, tetapi sebagai perangkat lunak eksklusif melalui App Store. Greenshot ini mudah dan ringan untuk digunakan (ukurannya hanya 1,69 MB).

Greenshot dilengkapi dengan sejumlah fitur yang beberapa di antaranya tidak tersedia di alat pengetatan, seperti menangkap halaman web yang lengkap (pengguliran) dari Internet Explorer, untuk membuat anotasi, dari beberapa opsi ekspor dan unduhan, dan lain sebagainya.

Program yang dikembangkan oleh Thomas Braun, Jens Klingen dan Robin Chrome telah diterbitkan pada 2007 dan belum mendukung lebih dari 30 bahasa, termasuk Indonesia.

Official Link Download Greenshot: https://getgreenshot.org/downloads

 

Snipping Tool

Snipping Tool adalah aplikasi tangkapan layar Bawaan yang dapat digunakan pada Windows 7, 8.1 dan 10. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mempelajari layar lengkap, satu jendela atau area tertentu. Layar (bentuk persegi panjang).

Sejumlah fitur juga telah disematkan, termasuk menghapus gusi, pensil, pemilihan tinggi dan lainnya. kamu juga dapat memilih antara empat jenis format file ketika kamu ingin menyimpan hasil layar, yaitu PNG, GIF, JPEG, atau MHT.

Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah. Pertama, jika aplikasi alat yang keluar belum menyimpannya di bilah tugas atau menu Start, kamu dapat menemukannya di kotak pencarian.

Kemudian buka aplikasi dan pilih metode tangkapan layar yang diinginkan. Setelah tangkapan layar selesai, kamu dapat menyimpan hasilnya di folder yang dipilih (folder gambar default).

Official Link Download Snipping Tool: https://download.cnet.com/Free-Snipping-Tool/3000-13455_4-77745838.html

Informasi selangkapnya dapat lihat di https://support.microsoft.com/id-id/windows/menggunakan-alat-snipping-untuk-menangkap-cuplikan-layar-00246869-1843-655f-f220-97299b865f6b

 

PicPick

Aplikasi screenshot PicPick ini menawarkan layanan dasar gratis dan untuk yang berbayar hanya untuk fitur-fitur tertentu canggih. Jika kamu adalah pengguna pribadi cukup menggunakan picpick gratis. Ukurannya yang sekitar 15 MB dan antarmuka Windows modern menunjukkan bahwa Picpick lebih dari sekadar aplikasi screenshot biasa. Jika kamu seorang penulis yang suka berbagi tutorial bergambar dengan pembaca, kamu akan sangat membantu oleh fitur pemasangan dan anotasi picpick yang benar-benar dapat diandalkan.

Terapkan efek, penyisipan teks dan menambahkan tanda-tanda seperti angka dan panah ke tangkapan layar penjahat adalah beberapa fitur yang lebih tinggi dari Picpick. Dengan demikian, bantuan visual dalam tutorial yang kamu tulis akan lebih profesional dan akan memfasilitasi pembaca untuk memahami dan mengikutinya.

Sekali lagi, Picpick yang mendukung sekitar 40 bahasa benar-benar gratis untuk digunakan di rumah. Untuk informasi lanjutan tentang biaya pembelian.

Official Link Download PicPick: https://picpick.app

 

ShareX

Fitur keren yang ditawarkan oleh ShareX adalah “scrolling captures” (tangkapan layar halaman panjang) dalam berbagai aplikasi, “Pengambilan Halaman Web” pada berbagai alamat situs, menambahkan tanda air ke hasil tangkapan layar dan banyak lagi.  Aplikasi ShareX dapat digunakan secara gratis layanan screenshoot opensource. Salah satu kelebihan ShareX adalah untuk memungkinkan pengguna mengunduh Screenshot ke berbagai keperluan atau layanan.

Sejumlah manfaat yang dimiliki ShareX ringan dan mudah digunakan, alur kerja khusus, opsi berbagi yang mudah, banyak metode tangkapan layar (di atas), berbagai opsi untuk tugas pasca screenshot yang bervariasi dan sangat berguna, alat anotasi yang cukup lengkap, yaitu Metode unduhan yang juga terdiversifikasi, dan lain sebagainya.

Aplikasi Screenshot Laptop ShareX dapat digunakan di Windows 7, 8.1 dan 10. Jika kamu ingin menggunakannya.

Official Link Download ShareX: https://getsharex.com/

Dari beberapa aplikasi untuk screenshot PC atau Laptop  diatas adalah beberapa aplikasi yang telah dicoba agar dapat digunakan untuk aplikasi screenshot yang simpel portabel yang dapat di andalkan dalam hal mendokumentasi sebagai tangkapan layar yang dapat kita coba yang mana aplikasi yang cocok untuk kamu gunakan. Semoga membantu.

Mungkin Yang Kamu Cari

Tinggalkan Komentar