Pengertian Dan Fungsi Virtual Memory Cara Menambahnya di Windows 10

by Betara
Beberapa sistem operasi memerlukan yang namanya virtual memory. Layaknya Linux yang membutuhkan swap, microsoft windows 7 Windows 8 Windows 10 membutuhkan yang namanya virtual memory.
Pengertian Dan Fungsi Virtual Memory Cara Menambahnya di Windows 10

Pengertian Dan Fungsi Virtual Memory Cara Menambahnya di Windows 10

Pengertian dari Virtual memory

Pengertian dari Virtual memory itu sendiri yakni memori sementara yang digunakan komputer untuk menjalankan berbagai program aplikasi ataupun menyimpan data yang membutuhkan memory yang lebih besar dari memory yang telah tersedia.
Program ataupun data yang tidak muat dimasukan pada memory asli ( RAM ), akan disimpan ke dalam sebuah Pagging File.
Pengertian Pagging file ialah data yang hanya disimpan sementara atau bisa disebut swap. Pada sistem operasi linux kita diharuskan untuk membuat dua partisi utama yaitu untuk system dan untuk swap. Virtual Memory ini Berbeda halnya dengan Memory fisik seperti RAM, karena ram merupakan komponen yang termasuk kedalam golongan hardware. Walaupun dalam kenyatannya Virtual Memory ini disimpan di harddisk, tetapi kerjanya tidak tampak, artinya berjalan secara software namun disimpan di hardware. Data yang disimpan ini tidak dapat bertahan lama, dalam artian hanya saat digunakan saja. Dan bila komputer dimatikan, data-data yang tadinya ada di virtual memory akan hilang.

Fungsi Virtual Memory

Fungsi Virtual Memory ialah untuk mengoptimalkan kinerja dari komputer, dengan tambahan memory, maka kemungkinan terjadi crash sangat kecil sekali. Ukuran dari paging file biasanya berbeda – beda.
Untuk ukuran paging file linux ialah 2 kali lipat dari memory aslinya. Misalkan kita memakai memory berkapasitas 512 MB, maka ukuran paging filenya yaitu 1 GB. Walaupun tidak harus 2 GB, tapi untuk memaksimalkan kinerja maka sebaiknya 2 kali lipatnya.
Untuk ukuran paging file di windows XP dan Vista Yaitu 1,5 kali dari kapasitas aslinya. Misalkan kita menggunakan memory sebesar 1 GB, maka paging filenya sebesar 1,5 GB. Dalam Xp maupun Vista paging file ini dinamai dengan pagefile.sys bila kita ingin mencarinya, pasti tidak akan ketemu, karena file ini disembunyikan atau hidden files.
Secara defaultnya Windows sudah mengalokasikan ukuran Virtual Memory secara otomatis, namun biasanya ukurannya masih terlalu kecil. Jika kita suka menjalankan program yang berat seperti bermain game di menggunakan emulator, bisa dipastikan error dengan pesan “low virtual memory” akan sering muncul, begitu pula saat menjalankan program yang berat lainnya.
 

Cara menambah Virtual Memory di Windows 10

 

  1. Buka Control Panel
    Langkah pertama adalah masuk ke Control Panel. Di Windows 10, caranya bisa dengan mengetik “control panel” pada search bar lalu pilih menu Control Panel.
  2. Masuk ke Menu System
    Selanjutnya pilih menu System.
  3. Pilih Advanced system settings
    Pada halaman ini akan terlihat rincian sistem yang ada pada komputer kita, temukan menu bernama Advanced system settings lalu pilih satu kali untuk masuk.
  4. pilih pada tab Advanced
    Kita akan dibawa pada jendela System properties, pilih pada tab Advanced.
  5. pilih Settings pada opsi Performance
    Lihat pada opsi Performance lalu pilih pada tombol Settings.
  6. Masuk ke tab Advanced
    Selanjutnya masuk ke tab Advanced.
  7. pilih tombol Change pada opsi Virtual memory
    Lihat pada opsi Virtual memory, di sana ada sebuah tombol dengan label Change. pilih tombol tersebut.
  8. pilih drive C
    Pada menu virtual memory akan terlihat daftar drive yang ada pada komputer kita, pilih pada drive C.
  9. Centang Custom size lalu ubah ukuran Virtual Memory
    Masih di jendela yang sama, centang pada opsi Custom size lalu ubah ukurannya. kita bisa menggunakan ukuran separuh atau sama dengan RAM, ini adalah nilai yang paling umum digunakan.
    Jika kita hanya memiliki RAM 8 GB atau lebih kecil maka saya sarankan untuk memakai ukuran virtual memory yang sama dengan RAM, bila di atas itu maka gunakan separuhnya saja sudah cukup. Setelah selesai, pilih tombol OK.
Demikianlah Pengertian Dan Fungsi Virtual Memory Cara Menambahnya di Windows 10. semoga bermanfaat

 

Mungkin Yang Kamu Cari

Tinggalkan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.