Tidur adalah Anugerah dan nikmat dari Tuhan yang maha esa untuk manusia. Dengan tidur, tubuh kita menjadi rileks, menjadi segar dan tubuh menjadi sehat. Jadi, jika kita bangun dari tidur, kita harus berterima kasih kepada Tuhan dengan menerapkan beberapa adab Islam yang direkomendasikan untuk dilakukan ketika kita bangun.

Mengusap wajah dengan tangan agar hilang kantuk.

“Saat Rasulallah shallallahu `alaihi wasallam bangun dari tidur, beliau duduk dan mengusap wajahnya dengan tangannya untuk menghilangkan kantuk.” (HR. Imam Muslim)

Mengucapkan do`a sebagai berikut :

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ
“Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami dan hanya kepada-Nya kami dikembalikan.” (HR. Al-Bukhari)

Bersiwak

“Apa-bila bangun dari tidur di malam hari, Rasulallah shallallahu `alaihi wasallam menggosok gigi dengan siwak.” (HR. Al-Bukhari dan Imam Muslim)

Mendenguskan angin dari lubang hidung

Rasulallah shallallahu `alaihi wasallam bersabda : “Apa-bila salah seorang diantara kalian bangun tidur, hendaknya ia mendenguskan angin melalui lubang hidungnya sebanyak 3 kali. Karena syetan biasanya mendekam di lubang hidung.” (HR. Muttafaq `Alaih)

Membasuh kedua tangan sebanyak 3 kali

Rasulallah shallallahu `alaihi wassallam bersabda : “Apa-bila salah seorang diantara kalian bangun tidur, jangan langsung mencelupkan tangannya ke dalam bejana wudhu sebelum membasuhnya sebanyak 3 kali.” (HR. Al-Bukhari dan Imam Muslim)

Itulah sunnah saat bangun tidur yang dapat kita pelajari dan dapat diajarkan kepada anak-anak kita. semoga bermanfaat

Mungkin Yang Kamu Cari

Tinggalkan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.