Cara memilih Komputer Video Editor & Contoh Spek PC Editor Video

by Betara

Spesifikasi komputer untuk pengeditan video untuk melakukan pekerjaan dengan mudah, saat melakukan kegiatan pengeditan video, dalam hal desain ataupun pengeditan video kita tidak dapat dengan sembarangan menggunakan komputer atau laptop tanpa memiliki spesifikasi perangkat keras yang berkualitas. Ini karena pengeditan video yang membutuhkan kinerja yang cukup berat sehingga spesifikasi komputer kita juga dapat memenuhi pekerjaan editing.

Dalam proses pengeditan video, kita akan memproses videoclips bagian yang umumnya jenis file besar, terutama jika durasinya cukup panjang, dan kemudian akan ada proses pengeditan, memotong, menambahkan efek dan pemutaran video yang sangat konsumsi sumber daya.

 

 

Minimal, kita harus memiliki kapasitas besar RAM, CPU dengan spesifikasi yang baik, dan juga kartu grafis, yang akan sangat berguna untuk melakukan proses representasi video. Belum lagi jika kita ingin mengedit video dengan format HD atau 4K, yang juga akan memerlukan spesifikasi tinggi.

Berikut adalah Cara memilih Komputer Video Editor & Contoh Spek PC Editor Video

Prosesor

Prosesor adalah dasar utama editor video di komputer. Jumlah dan kecepatan prosesor utama akan menentukan seberapa cepat kita dapat menyelesaikan tugas editor.

Jika komputer kita tidak memiliki prosesor yang kuat, meskipun kita memiliki RAM besar, motherboard kelas atas atau kartu VGA yang baik, proses editor masih akan berjalan lambat.

Perangkat lunak editor modern, seperti Adobe Premiere, Sony Vegas, dan Final Cut Pro, akan menggunakan banyak hipertreading dari Cepude, sehingga investasi dalam CPU yang baik sangat penting ketika membuat komputer untuk mengedit video.

Secara umum, CPU adalah tempat kita harus menginvestasikan jumlah anggaran kita yang terbesar. Pembangun serius harus mempertimbangkan CPU minimum 6 inti.

Untuk pembuatan anggaran, kita merekomendasikan AMD Ryzen 5 1600 AF atau AMD Ryzen 5 2600 untuk spesifikasi minimum, atau kita juga dapat memilih AMD Ryzen 5 3600 atau Ryzen Series 7 dan bahkan Ryzen 9 jika kita memiliki anggaran yang lebih tinggi.

Jika kita adalah Intel Fanatics, kita dapat mencoba Intel i5-9600 atau seri i7 apa pun, meskipun mereka dapat diberitahu bahwa teknologinya akan ditinggalkan di belakang seri Ryzen 3000.

Dalam RAW, lebih banyak inti dalam CPU umumnya akan meningkatkan lebih banyak kinerja edisi video yang kita lakukan.

 

RAM.

Memiliki RAM yang cukup sangat penting untuk editor video yang efisien. Jika kita mengedit video pada 1080p, kita sarankan kita menginstal RAM minimal 8 GB. Untuk 4K, kita merekomendasikan setidaknya 16 GB. biasanya semakin tinggi RAM semakin dalam mengoperasikan program yang dijalankan bersamaan, meskipun prioritas lebih rendah daripada mendapatkan CPU yang baik dan kartu grafis yang layak. Editor video adalah salah satu dari sedikit aplikasi yang dapat menggunakan sejumlah besar RAM, sehingga berinvestasi sebanyak yang kita rasa nyaman. 32GB, 64 GB, atau bahkan lebih.

 

VGA Card / kartu grafis

Kartu grafis atau VGA Card merupakan komponen juga cukup penting dalam editor video jika kita mengedit dengan perangkat lunak Davinci menyelesaikan. Jika kami berencana untuk mengedit dengan penyelesaian, kami benar-benar membutuhkan kartu grafis yang kuat, karena perangkat lunak ini didukung terutama oleh GPU, bukan hanya CPU.

Bahkan, kami tidak mutlak perlu memiliki kartu grafis di komputer pengeditan video kami saat menggunakan sebagian besar editor perangkat lunak. Namun, perangkat lunak editor video modern menggunakan kartu grafis melalui akselerasi perangkat keras untuk pengkodean dan rendering, dan memiliki kartu grafis yang kuat akan membuat perbedaan besar.

Jika kami masih ingin menggunakan kartu grafis, kita dapat mencoba Super RX 570 atau GTX 1650 untuk anggaran minimal, atau jika kita ingin mengedit video 4K, kita dapat mencoba Kartu GTX 1660 VGA atau RTX 2070 (tentu saja anggarannya) akan membengkak).

 

Kapasitas Media Penyimpanan

Media penyimpanan minimum di dalam komputer harus memiliki kapasitas 1 Terabyte. Sebagai desain grafis atau editor video tentu membutuhkan ruang penyimpanan media yang besar. Kapasitas ini telah diklasifikasikan sebagai mampu menampung penyimpanan media apa pun.

Jumlah ruang penyimpanan komputer dapat membuat kinerja komputer lebih baik. Sebaiknya memilih media penyimpanan SSD dan hard drive 1TB, SSd digunakan untuk OS Windows agar kinerja read dan writenya lebih cepat sehingga dapat mempercepat rendering dari hasil editor video kita..

 

Contoh Spek PC Editor Video

 

Processor

Intel® Xeon® E-2276M processor

2.8GHz hexa-core with Turbo Boost (up to 4.7GHz) and 12MB cache

Intel® Core™ i7-9750H processor

2.6GHz hexa-core with Turbo Boost (up to 4.5GHz) and 12MB cache

Graphics

NVIDIA Quadro RTX 5000,16GB GDDR6 VRAM

Display

17” LED-backlit WUXGA (1920 x 1200) NanoEdge display

16:10 aspect ratio

Anti-glare panel

3.8mm-thin bezel with 92% screen-to-body ratio

178° wide-view technology

97% DCI-P3 color gamut, 8-bit color

Delta-E < 1.5 color accuracy, PANTONE® Validated

Memory

Up to 128GB DDR4 2666MHz (SO-DIMM x 4, supports ECC)

Storage

Up to 6TB (PCIe® NVMe Gen 3 x4 SSD x 2, HDD x 1)

Supports CPU-attached RAID 0/1 (up to 48Gbps)

Interfaces

2 x Thunderbolt™ 3 USB-C™ with Display Port 1.4 (up to 40Gbps)

3 x USB 3.1 Gen 2 Type-A (up to 10Gbps)

1 x HDMI 2.0

1 x SD 4.0 / UHS-II card reader (312MB/s)

1 x Audio combo jack

1 x RJ45 LAN jack

1 x Kensington lock

1x DC-in

 

Untuk aplikasi Rakit PC nya bisa lihat di artikel ini : Aplikasi Rakit PC di Android Dengan Simulasi & Harga Terupdate

 

Selain Prosesor, Ram, Penyimpanan dan VGA seperti dijelaskan diatas, untuk mendapatkan spek yang sesuai kita dapat merakit sendiri biasanya komputer build up harganya yang cukup tinggi spek kurang memadai serta partnya suah dicari. kita juga perlu memastikan komponen lainnya juga, Misalnya, memastikan keaslian produk, pastikan membeli aksesoris di official store atau toko terpercaya. Kemudian kualitas dan type motherboard serta kualitas PSU yang baik juga akan dapat membuat proses pengeditan lebih berjalan dengan lancar dan cepat.

Mungkin Yang Kamu Cari

Tinggalkan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.