Aplikasi Mendesain Rumah yang Mudah Digunakan & Pertimbangan Membangun Rumah

by Betara

Bagi para sahabat kktara.com yang sedang merencanakan perluasan desain rumah, dapur, atau memberi desain baru untuk halaman rumahnya atau mungkin baru saja pindah ke rumah baru dan berencana untuk memulai beberapa proyek renovasi. Terlepas dari apapun proyek rumah yang sedang dikerjakan, kita pasti ingin mengkomunikasikan ide kita dengan semua orang yang akan terlibat dalam proses nanti se akurat mungkin. Selain tentunya kita ingin agar kita juga dapat merancang seperti apakan desain rumah yang sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan kita. Oleh karena itu kita bisa mencoba menggunakan aplikasi desain rumah sebagai langkah sederhana dalam menyalurkan ide dan inspirasi kita dalam mewujudkan rumah impian sesuai dengan desain kita.

Aplikasi Mendesain Rumah yang Mudah Digunakan  & Pertimbangan Membangun Rumah

Melalui aAplikasi Mendesain Rumah yang Mudah Digunakan & Pertimbangan Membangun Rumah seperti yang kktara.com rekomendasikan pada artikel ini, kita bisa bermain dan merancang ide ide kreatif kita yang kemudian dari sini akan menginspirasi kita akan keseluruhan desain yang sekiranya akan sesuai dengan keinginan kita, mempunyai fitur yang mampu membantu kita dalam banyak hal seperti detail denah rumah, perencanaan pembangunan dan fitur lainnya bisa kita coba membangun rumah impian kita.

 

Rekomendasi Aplikasi desain Rumah yang Mudah Digunakan

Sama seperti aplikasi lainnya, begitu juga aplikasi desain rumah datang dengan opsi maupun fitur- fitur yang bisa kita gunakan secara gratis dan berbayar pada rekomendasi aplikasi desain rumah yang telah banyak digunakan berikut:

 

SketchUp

SketchUp adalah perangkat lunak desain 3D gratis terlengkap yang akan kita temukan di jajaran rekomendasi aplikasi serupa. Alat desain rumah yang  ini cukup mengesankan untuk membuatnya tampak seperti kita menciptakan rumah impian kita dengan ahli sekaligus cukup fleksibel untuk membuatnya seolah-olah kita sedang bekerja dengan pena dan kertas. Versi gratis sangat cocok untuk mereka yang hobi merancang denah rumah, sedangkan versi pro lebih cocok untuk profesional di bidang arsitektur, konstruksi, teknik, dan desain interior komersial. Baik kita sedang membangun perluasan untuk rumah kita, membuat konsep desain dan sebagainya, ketelitian perangkat lunak ini akan membantu kita mewujudkan setiap aspek desain kita.

 

MyVirtualHome

Sebagai software desain rumah dan desain interior gratis, MyVirtualHome adalah aplikasi desain rumah 3D yang berfungsi sebagai video game blok bangunan untuk membuat atau memodifikasi interior dan eksterior rumah. Selain ramah pengguna, software ini juga memiliki beragam produk dan memiliki fungsi panduan untuk memungkinkan kita melihat proyek baru kita dalam format 3D. Hanya saja MyVirtualHome hanya dapat digunakan bagi pengguna Windows.

 

MagicPlan

Dapat digunakan di Android dan iOS secara gratis, aplikasi desain rumah ini dapat membuat denah lantai berdimensi menggunakan kamera ponsel pintar dan GPS, tanpa mengukur atau menggambar. Aplikasi ini mengukur ruangan melalui foto yang digabungkan, yang kemudian dibuat denah lantai 3D, dan bahan dihitung secara otomatis. Denah lantai dapat disesuaikan, dan fitur praktis tambahan dapat ditambahkan seperti pipa ledeng, listrik dan lain sebagainya namun hanya perkiraan dan panduan kasar, kita tetap perlu mengukur lagi dengan manual.

 

Floorplanner

Floorplanner memungkinkan kita mendesain dan mendekorasi ruangan kita dengan format 2D dan 3D, yang dapat dilakukan secara online dan tanpa harus mengunduh perangkat lunak apa pun. Meskipun fungsi dekorasi interiornya merupakan fitur unggulan, kekuatan alat ini terletak pada fungsinya sebagai perencana lantai. Kemudian, setelah denah lantai selesai, kita dapat beralih tampilan dan mendekorasi ruang dalam mode 3D. Disamping juga mudah digunakan dan mudah dipahami, jadi jika kita mencari aplikasi yang ramah guna dan tidak membutuhkan belajar lama, Floorplanner adalah pilihan yang baik.

 

HomeByMe

Aplikasi HomeByMe adalah aplikasi yang benar-benar gratis dan begitu pula semua fiturnya. Cara kerjanya, adalah brand menambahkan produknya ke katalog, yang berarti kita akan menggunakan produk sebenarnya untuk menjadi contoh melengkapi dan mendekorasi rumah kita. Manfaatnya adalah kita akan dapat merencanakan desain kita sampai akhir dan memiliki akses ke furniture dan dekorasi asli yang kita gunakan untuk menciptakan ruang secara imajinatif. kita dapat beralih dari format 2D ke 3D setelah kita menyelesaikan denah lantai dan merancang tampilan serta nuansa setiap ruangan. Atau, kita dapat memulai dengan dekorasi dan menekan fitur ringkasan dan aplikasi ini akan menghasilkan denah lantai dengan semua furniture dan peralatan kita di tempat yang tepat.

 

Build(dot)com

Selain aplikasi merancang rumah, ada juga Build(dot)com sebagai salah satu aplikasi perancang rumah yang lebih baru dan lengkap dalam hal konstruksi. Membawa serta berbagai alat, persediaan, dan barang lain untuk dijual, aplikasi ini adalah aplikasi belanja yang cukup mendasar. kita dapat melacak pesanan, membeli barang, membuat daftar keinginan, dan banyak lagi. kita juga dapat berkonsultasi dengan penasehat proyek tentang berbagai kebutuhan kita dalam membangun rumah impian kita.

 

Planner 5D

Sebagai aplikasi desain interior dan rumah yang bisa digunakan pada iOS, Mac, Android, Windows dan online, Planner 5D menawarkannya dengan secara gratis. Kelebihan dari aplikasi Planner 5D adalah ia mudah digunakan, memungkinkan tampilan desain 2D dan 3D, memungkinkan permukaan khusus, bahan, pengeditan item, memiliki katalog item lebih dari 4000 dan memiliki komunitas tempat kita dapat mengunggah dan berbagi proyek rancangan kita.

 

Pertimbangkan Dalam Membangun Rumah

Membangun rumah kita dari nol bisa menjadi pengalaman yang sangat berharga yang memberi kita kesempatan untuk menyesuaikan rumah kita dengan selera dan kebutuhan kita sekarang dan di masa depan. Namun hal itu juga bisa menjadi proses yang sangat menegangkan dan menghabiskan waktu. Walaupun demikian, membangun rumah tidak harus menjadi proses yang melelahkan dengan merencanakannya dengan tegas, disiplin dan pemikiran yang matang, akan membantu kita menyelesaikannya sampai akhir yang memuaskan. Berikut beberapa tips membangun rumah yang bisa kita pertimbangkan.

 

Siapkan rencana kita

Perencanaan adalah bagian terpenting mulai dari proses pemetaan konsep ke atas kertas seperti salah satunya mendesain atau rancangan denah dan ditambahkan daftar harga kebutuhan sampai dengan biaya konstruksi. Pastikan kita merencanakannya sedetail mungkin serta mencermati mulai dari bentuk rumah, jumlah kamar, lantai, sampai hal terkecil lainnya dengan seksama.

 

Mempersiapkan Anggaran

Biasanya seberapa besar atau kecil biaya yang kita keluarkan untuk proses pembangunan, kemungkinan besar biayanya melebihi estimasi kita bahkan akan membengkak dari perkiraan awal. Mungkin ada sejumlah item yang tidak termasuk dalam perkiraan yang diberikan oleh kontraktor kita. Hal Ini dikenal sebagai biaya penyelesaian, dan dapat berkisar antara 10-30% dari anggaran awal kita. Selain adanya tambahan dana pembangunan yang mungkin belum kita pertimbangkan, kita perlu mempersiapkan dana lebih sekitar 30% dari biaya estimasi dengan tujuan menghadapi keadaan yang tidak terduga.

 

Memilih jasa Tukang atau Kontraktor yang tepat

Ini mungkin salah satu keputusan terpenting yang kita buat dalam proses membangun rumah. Kontraktor apa pun yang kita pilih, kita akan bekerja dengan mereka selama berbulan-bulan. Penting untuk mendapatkan pilihan yang tepat sejak awal untuk mencegah masalah di kemudian hari yang akan berdampak pada pembangunan rumah kita sehingga kita harus benar-benar mengetahui kualitas pertukangan mereka.

 

Jika kita sudah mempunyai rancangan pasti dan estimasi biaya untuk mewujudkan rumah impian kita, maka kita dapat mempertimbangkan pembangunan rumah kita. Bisa juga kita membangun rumah tanpa bantuan kontraktor perumahan besar tentunya tidak mudah, tapi itu dapat membantu kita menghemat biaya yang tidak dibutuhkan dan membuat kita leluasa membuat rumah sesuai dengan bayangan ideal kita nantinya dengan mendesain dan mengestimasi detail rumah kita, namun kembali lagi pada pilihan tersendiri dalam mewujudkan rumah impian kita. Demikianla beberapa  Aplikasi desain rumah dan sedikit pertimbangan dalam membangun rumah. Semoga bermanfaat.

Alat Bangunan Saat Baru Pindah Rumah atau Alat Tukang Yang Wajib Dirumah

Mungkin Yang Kamu Cari

Tinggalkan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.