Internet Upto dan Dedicated Penjelasan Perbedaan Lengkap dengan Tabel

Internet Upto dan Dedicated

by Betara

Internet telah menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk kehidupan sehari -hari, mulai dari penggunaan pekerjaan online, perguruan tinggi, sekolah, hingga media sosial dan hiburan. Hidup kita tidak dapat dipisahkan dari internet.

Begitu juga dengan layanan internet, banyak langganan internet yang ditawarkan di sekitar kami, mulai dari internet seluler 4G, kabel wifi rumah dan internet lainnya. Seringkali kita membeli layanan internet / wifi tanpa melihat seperti apa kebutuhan mereka maka disini kktara.co akan menjelaskan mengenai Internet Upto dan Dedicated Penjelasan Perbedaan Lengkap dengan Tabel.

Misalnya, apakah Anda pernah mengalami internet / wifi merasa lambat? Mengapa itu terjadi seperti itu? Meskipun Anda telah berlangganan paket internet paling keras. Tapi WiFi merasa lambat sampai -kadang kesal karena tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Internet Upto dan Dedicated Penjelasan Perbedaan Lengkap dengan Tabel

 

 

Dua Jenis Layanan Internet Berlangganan

Jenis Layanan Internet Berlangganan dibagi menjadi 2 segmen, yaitu Internet Shared dan Internet Dedicated. Seperti contoh Telkom ISP Negeri Nama produk yang ditawarkan berdihome dan yang trend swasta seperti Moratelindo produk yang ditawarkan Oxygen,myrepublik,dll.  Pada dasarnya layanan internet cepat awalnya dimaksudkan sebagai produk sampingan dari layanan telepon. Tapi sekarang telah dibalik, layanan internet adalah produk utama yang menjanjikan.

 

Layanan internet Shared atau sering disebut UPTO

Layanan Shared adalah layanan internet yang jaringannya merupakan jalur antara satu pelanggan dan yang lainnya artinya kecepatan dapat berubah tergantung pada banyaknya pengguna aktif.

Misalnya di jaringan internet di perumahan, untuk mengakomodasi 100 pelanggan di tempat yang sama membutuhkan 1 jalur internet. Jika internet terputus, 100 pelanggan akan terputus atau 100 pengguna internet menggunakan pada bandwith yang tinggi maka kecepatan pada pengguna lainnya terganggu. Seperti contoh lagi pada ketika jam sibuk, ketika banyak orang mengakses internet secara bersamaan, kecepatan internet akan berkurang, Begitulah konsep internet yang dibagikan. Itulah sebabnya Anda sering merasakan internet di tengah malam lebih halus daripada di siang hari ketika aktivitasnya banyak.

internet seluler seperti sinyal Telkom 4G termasuk pada golongan internet shared. Karena multi pengguna di satu wilayah akan terhubung secara bersamaan pada satu menara seluler secara bersamaan.

Sehingga kapasitas bandwidth yang diberikan akan dibagi secara seluruh untuk setiap pelanggan yang terhubung ke bts.

 

Layanan internet Dedicated

Sesuai dengan namanya dedicated atau khusus adalah layanan internet yang jaringannya hanya ditujukan untuk satu pengguna. Jadi internet lebih pribadi dan murni lebih fokus untuk mengakomodasi pelanggan individu, dengan management bandwith 1 vlan id khusus atau 1 jalur khusus untuk pengguna berlangganan tersebut.

Internet khusus ini biasanya digunakan di perusahaan, sekolah, rumah sakit, toko, ritel, dan perusahaan lainnya. Tetapi pengguna rumahan juga dapat mengambil paket internet jenis ini, itu tidak disarankan.

Misalnya, untuk berlangganan internet yang dedicated membutuhkan biaya tambahan dan persyaratan tambahan daripada internet yang upto atau shared. Jadi dengan berlangganan internet khusus, Anda tidak lagi berbagi jalur dengan pelanggan lain, alias memiliki jalur koneksi sendiri. Secara otomatis internet lebih stabil dan lebih cepat. Tetapi tidak selalu berpikir bebas dari gangguan. Internet yang dedicated juga dapat mengalami gangguan yang sama seperti internet upto.

Internet yang dedicated umumnya memiliki rasio bandwidth 1:1 sperti contoh  kita berlangganan 100mbps maka download dan upload juga lebih kurang 100mbps juga, yang berarti kecepatan pengunggahan dan unduhan seimbang. Harga yang ditawarkan juga lebih tinggi dari internet dibagikan.

Baca Juga: Perbedaan Throughput Dengan Bandwidth

Tabel Perbedaan internet Upto/shared dan dedicated

Internet Shared

Internet Dedicated

Kongsian pelanggan lain

Jalur sendiri/privat

Rasio Bandwidth 1:4 atau 1:8

Rasio Bandwidth 1:1

Kecepatan berfluktuasi

Kecepatan tetap

Memiliki FUP/Kuota

Full Unlimited

IP Publik hanya Dynamic

IP Publik Dynamic/Static

Kurang stabil di jam sibuk

Tetap stabil setiap waktu

Cocok untuk rumah

Cocok untuk kantor/bisnis

Harga relatif murah

Harga relatif mahal

 

Demikianla penjelasan Internet UPto dan Dedicated Penjelasan Perbedaan Lengkap dengan Tabel, semoga artikel yang dirangkum admin kktara.com membantu kamu dalam memilih paket internet / wifi yang sesuai dengan kebutuhan pribadi, atau usaha anda.

Mungkin Yang Kamu Cari

Tinggalkan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.